Walkthrough : Suikoden V Bahasa Indonesia (Part I)

GENSOSUIKODEN V

TIPS AWAL :

-          Dalam battle kalian bisa membawa sampai 6 karakter. Namun dalamentourage, kalian bisa membawa sampai 4 karakter. Kalian bisa melakukanswitch antara anggota di dalam party dengan anggota yang menunggu, selama mereka merupakan karakter combat.
-          Map battle berjalan real-time! Terdapat dua macam map battlebattledi laut dan battle di darat. Equipment penting di dalam battle. Player juga bisa menggunakan pilihan spesial untuk mengeluarkan kemampuan masing-masing karakter, terutama Rune.
-          Untuk memenangkan map battle, diperlukan strategi dan tangan yang cepat. Terutama jika terdapat dua macam map battle yang harus kalian perhatikan, di darat dan di laut. Manfaatkan kekuatan dan kelemahan tiap unit. Perhatikan juga jalan mereka karena seringkali mereka menabrak lawan yang seharusnya tidak mereka lawan dan kemungkinan mati konyol. Jangan sampai ini terjadi karena karakter yang tidak berhubungan dengan cerita dapat terbunuh secara permanen dan karakter lain yang berkaitan dengan karakter yang tewas (misalnya Norma dan Ernst), juga akan menghilang.

Map battle laut :    Combat mengalahkan Rams
                              Rams mengalahkan Archer
                              Archer mengalahkan Combat

Map battle darat : Archer mengalahkan Cavalry
                              Cavalry mengalahkan Infantry.
                              Infantry mengalahkan Archer.

-          Usahakan mendapat Victory+ di beberapa map-battle awal karena dapat berpengaruh pada terekrutnya lebih awal tiga karakter SoD. Victory+ juga akan memberikan bonus item.
-          Beberapa Special yang cukup membantu dalam map battle adalah Flowing (menyembuhkan Full HP), Recover (Menyembuhkan 50% HP), Frenzy (Att & Def +5, Mobility +1), Rumors (Enemy Defense -10), Morale (Atta+5) dan Relief (Restore 10HP afterBattle).
-          Sama seperti map battle, duel one-one-one, salah satu fitur khas Suikoden juga muncul dalam real time. Saat one-on-one, kalian diberikan waktu sampai 3 hitungan untuk menentukan langkah kalian. X untuk Guard, kotak untuk attack dan bundar untuk special.
-          Perhatikan time-line! Beberapa karakter Star of Destiny (SoD) hanya bisa direkrut dalam waktu yang terbatas. Beberapa diantaranya juga random.
-          Sistem Train dari Suikoden III kembali di Suikoden V. Jadi kalian bisa melatih karakter kalian menjadi lebih kuat.
-          Manfaatkan Formation  serta skill! Dengan Formation dan skill yang sesuai, pertarungan akan terasa lebih mudah.
-          Akan terdapat banyak pilihan di dalam Suikoden V dan beberapa diantaranya dapat mengarah ke Bad Ending atau pengrekrutan karakter. Jadi pilihlah pilihan yang positif.
-          Item tersebar di setiap kota yang kalian kunjungi jadi periksa semua sudut.
-          Tekan L1 untuk melakukan zoom karakter. Dan jika kalian bingung harus ke mana, berbaliklah dan bicara dengan Lyon yang hampir selalu mengikuti kalian. ^_~


WALKTHROUGH

            Seperti biasa, kalian harus memberikan nama untuk Hero Suikoden V terlebih dahulu sebelum meneruskan cerita. Setelah memberi nama (mulai sekarang saya akan menyebutnya Hero), lihat event sampai kalian bertemu dengan Ferid dan Arshtat untuk pilihan. Kemudian akan ada event lagi.

= Lordlake =

            Setelah eventsave game kalian kemudian jelajahi kota ini. Masuklah ke Clinic untuk event kemudian lanjutkan ke sisi lain kota untuk event pendek. Di daerah selatan ini, terdapat item di pojok. Masuki Rovere Mansion setelah event. Ambil item di dalam lalu masuki pintu di sebelah kiri bawah. Akan ada event lagi namun sebelum menemui ke dua orang tadi, ambil dulu item yang ada di kiri bawah (jalannya agak tertutup). Setelah mengambilnya, temui kedua orang tadi. Pergilah ke gerbang di selatan yang sebelumnya dijaga, kalian bisa lewat sekarang.

= WitheredForest=

            Save game kalian terlebih dahulu sebelum memulai pencarian. Lanjutkan sampai kalian melihat sebuah papan penunjuk. Dari sini, pergi ke selatan untuk item kemudian balik ke papan penunjuk dan lanjutkan ke ke kanan. Ambil jalan kanan bawah untuk item sebelum melanjutkan. Usahakan kalian mencapai level 5 untuk mempermudah battle. Lanjutkan untuk event dan kalian akan melawan musuh. Tidak sulit dengan adanya Georg, gunakan juga Unite Attack Hero+Lyon.

= Sun Palace =

            Lihat event lagi, tentukan pilihan kemudian sekarang saatnya mencari Lymsleia. Pergilah lebih dahulu ke sayap kiri Istana. Kamar Lymsleia terdapat disana namun dia sendiri tidak ada di dalam. Jadi kali ini pergilah ke sisi kanan istana. Namun mampirlah ke atas tangga spiral untuk tiba di Seal Room. Tanyakan semua pertanyaan yang muncul lalu pergilah ke sisi kanan istana. Kamar Hero terletak di 2F dan kalian bisa melakukan save disini. Lymsleia masih tidak terlihat, jadi turunlah ke 1F dan coba jalan ke arah selatan untuk event Kyle. Kyle akan bergabung denganmu. Masuki Guard's Room untuk event serta pilihan lagi. Setelah event selesai, cobalah meninggalkan ruangan dan kalian akhirnya akan bertemu Lymsleia.
Pilihan lagi, berbaik hatilah kepada adik kesayangan kalian lalu sapa Miakis. Setelah puas berbincang-bincang, Lymsleia dan Miakis akan bergabung. Keluar untuk perbincangan lagi dan Sialeeds akan bergabung. Tinggalkan istana, kalian bisa save dan ada item menunggu di sebelah kanan. Turuni tangga kemudian telusuri jalan sampai kalian melihatnya. Hampiri gedung di sebelah kiri untuk event pendek kemudian masuk. Pergilah ke pintu paling utara di 2F dan bicara dengan orang disana. Bicaralah dengan SEMUA orang disini dan masuki ruang rapat untuk pertemuan pertama kalian dengan Euram danLord Barrows. Bicara juga dengan SEMUA orang disini lalu kembali ke orang di ruangan utara tadi. Kalian bisa masuk ke dalam untuk event lagi. Setelah beres, keluar dari gedung dan Miakis akan pergi bersama Lymsleia dan Sialeeds. Kyle akan tetap bersama kalian. Terima tawarannya dan lanjutkan ke selatan untuk memasuki kota.

= Sol Falena =

            Kota yang sangat luas! Save terlebih dahulu sebelum mulai menjelajah. Di sisi sebelah kanan, terdapat Blacksmith (walaupun belum buka), Trade Shop, Appraisal Shop, dan Instruction Shop. Di sisi kiri terdapat Inn,Item Shop, Armor Shop dan Rune Shop. Jelajahi kota ini sekalian mengumpulkan beberapa informasi mengenaiQueendom of Falena. Rune Shop terletak di sisi kota sebelah kiri jadi pergilah ke sana dan masuk untuk eventlagi. Begitu keluar akan ada event lagi. Susul Kyle kemudian kalian punya pilihan untuk battle atau tidak. Jika kalian memilih untuk battle, manfaatkan Kyle. Kembali ke Sun Palace untuk event.
            Lyon akan bergabung bersama Georg dan Sialeeds. Lanjutkan ke selatan kemudian masuki kota Sol Falena. Jika kalian punya uang lebih, pergilah ke Blacksmith untuk melakukan up-grade senjata. Kalian harus pergi ke Pier. Dari pintu masuk ke Sun Palace, terus saja ke selatan dan kalian akan tiba di Pier. Kyle menunggu disini kemudian naiki kapal. Setelah event, kalian harus mengalahkan Zadom. Georg sangat membantu disini, jadi gabungkan dengan Unite Attack Hero+Lyon. Akan ada event serta pilihan lagi dan kalian akan tiba di Stormfist.

= Stormfist =

            Selesai event, Gizel akan bergabung denganmu. Masuki Arena dan lanjutkan ke kiri untuk event serta pilihan. Jelajahi semua daerah untuk event bersama Euram serta para budak dan juga item yang tersebar di lapangan luar. Pergilah ke 2F dan ingat-ingat tempat ini karena kalian akan sering ke sini. Kamar untuk Hero terletak di sebelah kanan bawah dan kalian bisa save game disini.
            Setelah menjelajahi semuanya, dari tangga menuju 2F, setelah event Gizel dan Sialeeds akan meninggalkan party. Event lagi dan kalian bisa mensave game kalian di sebelah kanan. Kalau kalian kembali ke utara, akan ada banyak toko yang bisa kalian jelajahi. Terdapat dua sisi kota yang bisa kalian jelajahi (utara dan selatan) jadi periksa semuanya dan ambil item yang ada. Jika kalian menuju ke arah kanan, akan ada event serta pilihan. Shoon akan bergabung dan kalian membutuhkan tempat bicara. Seperti saran Lyon, pergilah ke Inn untuk bertemu Marina serta event lagi.
            Kembali ke Arena dan bertemu dengan Sialeeds yang akan bergabung dengan kalian. Persiapkan dirimu dengan item serta equipment jika uang kalian mencukupi. Kembali ke Shoon dan jawab dengan "Yes" untuk eventlagi. Save kemudian jalan sedikit untuk event lagi. Tujuan kalian adalah menginjak TIGA switch yang ada untuk membuka jalan menuju ke penjara. Kalian akan bertemu juga dengan Eggbert disini. Lanjutkan sampai tiba disave point berikutnya. Jika kalian meneruskan, Shoon akan membukakan jalan untuk kalian.
            Di dalam penjara, lanjutkan ke kiri kemudian event lagi. Kejar dua laki-laki yang kabur karena Zegai tidak akan pergi. Sembuhkan diri sebelum menaiki tangga dan kalian akan tiba di luar. Habisi 6 musuh satu persatu dengan menggunakan Unite Attack Hero+Lyon serta Georg. Shoon bisa menggunakan Rune dan Sialeeds bisa menggunakan scroll jika punya. Event lagi serta pilihan kemudian tinggalkan penjara. Akan ada event yang cukup panjang dan Hero diharuskan melakukan One-on-One. Dengarkan petunjuk Lyon kemudian masuki pintu sebelah kanan untuk event. Kalian akan melawan Shoon jadi dengarkan perkataannya dan tekan tombol yang sesuai.
            Setelah menang, akan ada event kocak dengan Lymsleia. Ia akan bergabung bersama Miakis. Pergilah ke 2F, kalian bisa save game juga di kamar Hero. Di 2F lanjutkan ke utara dan duduklah di kursi yang kosong. Seiringan dengan event, akan ada pilihan lagi menyangkut Lymsleia. Selesai itu, kalian akan melihat Belcoot dan Ferid akan memberikan pilihan. Tinggalkan 2F dan cobalah memasuki kota. Kalian akan bertemu dengan Nikea serta keinginannya yang aneh. Masuki kota kemudian pergilah ke arah Inn. Lanjutkan ke wilayah kiri kota untukevent lagi dan bantulah Belcoot. Lawan 5 Rouge dan akan ada pembicaraan pendek. Belcoot akan bergabung denganmu. Cobalah menuju ke bagian selatan kota untuk melihat dwarf.
            Pergilah ke arah Inn dan Belcoot akan meninggalkanmu. Masuki Inn dan lihat event lagi. Kembalilah ke Arena dan keesokan harinya, save kemudian bicaralah dengan Lymsleia untuk pilihan lagi. Kembali ke Inn untukevent lagi. Belcoot akan bergabung denganmu. Persiapkan dirimu kemudian lanjutkan ke selatan. Belok kanan kemudian selatan lagi dan tinggalkan Stormfist. Kalian bisa menaikkan level terlebih dahulu di World Map sebelum menuju ke arah Western Forest (sebelah barat dari Stormfist).

= Western Forest =

            Sialeeds akan memberitahu jalan rahasia tapi sebelumnya save permainanmu. Kemudian ikuti jalur rahasia sambil mengambil item yang ada. Kalian akan tiba di gubuk tujuan kalian dan akan ada event lagi. Apa pun yang kalian pilih, musuh tetap akan menyerang. Gunakan serangan Belcoot, Georg dan Unite Attack untuk menghabisi mereka. Setelah menang, event lagi namun jangan pergi dulu. Periksa sekitar gubuk untuk jalan kecil menuju 2 item yang tersembunyi. Setelah menemukannya, kembalilah ke Stormfist.


= Stormfist =

            Di dalam Inn akan ada event lagi dan Hero akan terbangun di tengah malam. Keluarlah dan bicara dengan Marina. Kembali ke kamar untuk beristirahat dan Lyon akan membangunkanmu dengan pilihan berikutnya. Turunlah ke bawah untuk pembicaraan lagi kemudian kembalilah ke Arena. Kembalilah ke VIP Seat di 2F untukevent, segera hentikan perbuatan Cieldrich. Kemudian pergilah ke Infirmary untuk melihat keadaan Belcoot. Selesai event, pergilah ke basement dan masuki sel di pintu yang ada untuk event dengan Zegai. Sialeeds akan bergabung kemudian pergilah ke 2F dan masuki ruangan Arshtat untuk event lagi.
            Bicaralah dengan Ferid keesokan harinya kemudian bicara Lymsleia dan Miakis. Pergilah juga ke basement untuk bicara dengan Shoon. Kemudian masuki kota dan pergilah ke Inn untuk menemui Marina dan Belcoot. Bicara juga dengan Norma dan Gavaya kemudian belilah Salt dari Trade Shop. Setelah puas, kembali ke Ferid dan katakan kau siap. Event lagi serta pilihan dan kalian akan meninggalkan Stormfist.

= Sun Palace =

            Keesokan harinya, Lymsleia akan memasuki kamarmu bersama Miakis. Mereka akan bergabung jadi tinggalkan kamarmu kemudian pergilah ke Audience Chamber. Sialeeds dan Georg akan bergabung denganmu. Masuki Audience Chamber untuk event kemudian cobalah tinggalkan Sun Palace untuk bertemu Kyle. Pergilah kembali ke Rune Shop untuk pertemuan pertamamu dengan Jeane (PENTING!). Tinggalkan Sol Falena melalui pintu sebelah kanan kota. Di World Map, lanjutkan ke arah kanan untuk tiba diEastPalace.

=EastPalace=

            Beberapa item tersebar di kota ini dan salah satunya tersembunyi di akhir jalan dekat danau. Periksa saja dan kalian akan menemukannya. Salah satu penduduk juga akan memberikan item padamu. Masuki bangunan di utara dan lanjutkan ke pintu di utara untuk event. Kalian akan bertemu dengan Mysterious Woman dan akan adaevent lagi. Tinggalkan East Palace. Lanjutkan ke utara untuk tiba di Lunas.

= Lunas =
           
            Akan ada event lagi begitu kalian memasuki Lunas dan Isato akan bergabung denganmu. Pergilah ke Oracle's Conclave, bangunan terbesar di kota. Namun kalian bisa mengambil dulu dua item di dalam peti sebelum memasuki bangunan. Akan ada event lagi di dalam. Lymsleia dan Miakis akan meninggalkanmu. Pergilah ke bagian bawah kota untuk event lagi serta pilihan dengan Lyon. Masuki semua rumah untuk beberapa item dan salah satu penduduk akan memberikan item padamu. Kembalilah ke Oracle's Conclave untuk event lagi.
            Cobalah memasuki Oracle's Conclave untuk event lagi dan temani Isato untuk menyelidiki sumber suara. Pergilah ke Lunas North Forest kemudian lanjutkan sampai ujung untuk event "mengenaskan". Setelah itu, akan ada event lagi dan kalian bisa beristirahat. Pergilah ke lantai atas dan masuki kamar Hero disebelah kiri bawah. Beristirahatlah dan Lymsleia akan muncul. Terima permintaannya untuk mengetahui seperti apa hubungan mereka berdua di masa lalu. Keesokan harinya, Lymsleia dan Miakis akan meninggalkanmu. Tujuan berikutnya, Raftfleet yang terletak selatan dari East Palace. Pergilah ke sana.

= Raftfleet =

            Kota perahu dengan item yang tersebar di sana sini. Tujuan kalian adalah Dahak, namun tidak ada salahnya jika kalian menjelajahi seisi kota untuk item terlebih dulu. Dekat save point, akan ada event pendek dengan Meroon. Dan di Trade Shop, kalian akan bertemu dengan Sairoh. Belilah Salt dari Trade Shop, kalian membutuhkan sekitar 6 (jika tidak cukup stock, belilah di Trade Shop lain yang akan kalian lewati nanti). Setelah puas menjelajah, pergilah ke Dahak.
            Dari save point, lanjutkan ke utara dan naiki tangga. Naiki lagi tangga di sebelah kiri untuk event mengenai Raja dan Kisara. Selesai event, kalian bisa melakukan penjelajahan di Dahak atau langsung keluar dari Raftleet. Sekarang saatnya kalian mempersiapkan Lyon, Hero dan Sialeeds. Naikkan level mereka sampai mencapai minimal 18. Kemudian pergilah ke Rune Shop di Sol Falena dan buat scroll Clay Guardian, Dancing Flame dan Berserk Blow dengan membeli Rune. Kemudian naikkan skill Defense ketiganya sampai C (gunakan SP Party jika perlu) dan segera equipUp grade juga senjata ketiganya sampai level 5. Seharusnya kalian memiliki 3 Sacrificial Jizzo, pasangkan ke Hero, Lyon dan Sialeeds. Save game kalian.

=SunPalace=

            MasukiSunPalaceuntuk event lagi. Sialeeds dan Georg akan meninggalkan kalian. Pergilah ke Audience Chamber dan masuki ruangan di belakang tahta. Akan ada pilihan dengan Lyon dan Arshtat. Kembali ke kamarmu untuk beristirahat. Event lagi dan Sialeeds akan bergabung. Bicaralah dengan Ferid dan pilih pilihan 2 untuk beristirahat. Event dan kalian harus mengalahkan Assassin. Save kemudian tinggalkan ruangan. Turunlah ke lantai bawah untuk event lagi dan kalian harus melawan Dolph serta Childerich.

* Dolph + Childrerich *
Gunakan scroll Clay Guardian kemudian Dancing Flame dan Berserk Blow ke Childerich. Pusatkan serangan kalian terlebih dahulu ke Childerich dan setelah dia kalah, jangan lupa untuk kembali menggunakan Clay Guardian. Dolph lebih sulit dan sepertinya dia selalu mengincar Lyon. Segera sembuhkan diri kemudian gunakanUnite Attack Hero+Lyon. Setelah cukup lama, dia akan kalah.

            Jika kalian menang, kalian akan mendapatkan Prosperity Shards. Namun jika kalian kalah, akan ada event. Apa pun hasilnya, Kyle dan Zegai akan menyelamatkan kalian. Zegai akan bergabung dengan kalian. Cobalah tinggalkan ruangan dan kalian akan bertemu Georg. Event serta pilihan kemudian lanjutkan ke kanan dan Sialeeds akan membukakan jalan rahasia. Ikuti jalan tersebut untuk event yang cukup panjang. Pergilah ke Lunas.


= Lunas =

            Begitu masuk, akan ada pembicaraan pendek dan Isato akan bergabung. Temui Haswar untuk event lagi. Pergilah ke kamarmu di lantai atas. Pilihan lagi dengan Lyon dan event. Keesokan harinya, turun dan temui Haswar untuk pilihan dan event lagi. Isato akan bergabung bersama dengan yang lain. Pergilah ke Lunas North Forest dan di sana Isato akan menunjukkan jalan. Ikuti jalan tersebut sampai kalian tiba di ujung jalan. Isato akan meninggalkanmu. Setiba di World Map, lanjutkan ke arah tenggara untuk tiba di Haud Village.

= Haud Village =

            Akan ada pembicaraan pendek mengenai kota warna-warni ini. Sebelum menuju ke arah timur, jelajahi dulu semua kota untuk item. Temui juga Bastan di Appraisal Shop serta Josephine di taman. Beli Salt di Trade Shop jika kalian belum memiliki 6 Salt. Setelah puas, pergilah ke arah pintu keluar di timur untuk event pendek yang memperkenalkan Boz. Zegai akan meninggalkanmu kemudian pergilah ke dock di dekat Inn dan terima tawaran Boz. Kalian akan meninggalkan Haud Village.

= Rainwall =

            Boz akan bergabung denganmu dan save point ada di dekat pintu masuk. Save jika mau kemudian telusuri setiap pojok serta rumah untuk item. Di dekat Trade Shop, kalian bisa bertemu dengan Alhazred. Lanjutkan sampai kalian tiba di rumah paling besar yang ada di paling atas. Kalian akan bertemu lagi dengan Euram dan akan ada pembicaraan yang cukup panjang. Setelah Luserina bergabung denganmu, naiklah ke atas dan kalian akan disapa oleh Chuck. Pintu di kiri bawah akan membawamu ke gudang, bicara dengan Chuck dan simpan semua barang yang kalian rasa tidak perlu. Di 2F, masuki pintu kanan bawah untuk event lagi. Turun ke bawah dan akan ada pilihan. Kalian akan memasuki Map Battle pertama kalian jadi sebaiknya persiapkan diri dulu dengan melakukan save. Setelah kau siap, terima tawaran Barows.

MapBattle#1 (Objective : Kalahkan semua musuh).
            Akan ada penjelasan mengenai tipe pasukan dan kelemahan serta kekuatan mereka. Gunakan pengetahuan ini untuk memenangkan pertempuran pertama kalian. Tekan SELECT untuk melakukan pausepermainan. Jika kalian mendapatkan Victory+, kalian akan mendapatkan Hungry Wolf - buku untuk formation.

            Selesai event, turuni tangga dan temui Dinn. Bicara dengan semuanya dan jika kalian perlu melakukan edit party (walaupun belum ada siapa-siapa), bicara dengan Luserina. Tinggalkan kediaman Barows dan cobalah meninggalkan Rainwall. Kalian akan melihat Mysterious Woman dari sebelumnya di dekat air mancur dan Murad di dekat pintu masuk. Bicara dengan dia dan ajaklah bergabung, walaupun dia menolak. Usahakan SELALU bicara dengannya dan mengajaknya bergabung setiap kali bertemu dia. Pergilah ke Pier dan masuki Oboro Detective Agency untuk pertemuan dengan Sagiri, Fuyo dan Shigure. Jika kalian terus ke arah timur, kalian akan tiba di Estrise dan bertemu dengan Babbage, Lu serta Sorensen. Dan di dekat Revolving Bridge, kalian bisa bertemu dengan Levi serta Bergen di dasar Big Hole. Tujuan kalian berikutnya adalah Raftfleet.

SoD yang bisa direkrut saat ini : Cornelio

= Raftfleet =

            Di dalam kota ini terdapat beberapa SoD, namun mereka belum mau bergabung denganmu. Pergilah ke Dahak dan bicara dengan Raja. Selesai pembicaraan dengan Raja, tinggalkan Dahak dan Kisara akan menghentikanmu. Pergilah ke sisi utara Raftfleet dan temui Logg serta Lun. Pilih pilihan 2 dan pilihan 2 lagi jika kalian sudah siap. Kalian akan dibawa ke Southern Wharf. Lun akan bergabung denganmu. Tujuan kalian adalah Lordlake, yang terletak di selatan jadi pergilah ke sana, melewati hutan yang kering dan masuki Lordlake.

= Lordlake =

            Tidak banyak yang berubah disini. Bicaralah dengan Talgeyl yang berada di dekat pintu masuk. Pilih pilihan 2 kemudian tinggalkan Lordlake. Jika kalian mau, kalian bisa menjelajah kota ini walaupun tidak banyak yang bisa dijelajahi saat ini. Kembalilah ke Rainwall.

= Rainwall =

            Bicaralah dengan Salum di Barows Mansion kemudian pergilah ke kamarmu. Setelah beristirahat, keluar dari kamar dan Lyon akan bergabung. Luserina berada di kamar kanan atas jika kalian ingin mengedit party. Kembalilah ke Raftfleet kemudian bicara dengan Logg dan Lun. Pilih pilihan 2, event dan kalian akan tiba di Baska Mine. Logg dan Lun akan bergabung.

= Baska Mines =

            Terdapat dua item di wilayah ini jadi ambillah sebelum memasuki gua. Di dalam, perhatikan kereta besi yang terletak di sebelah kanan. Periksa kereta itu untuk membuka jalan. Lanjutkan sampai kalian tiba di kereta besi kedua. Periksa lagi untuk membuka jalan. Teruskan sampai kalian tiba di Dwarf Camp. Beli item yang kalian perlukan disini, ada dua item di sini jadi periksa semua sudut dan rumah. Setelah siap, save game dan naiki tangga di sebelah kiri untuk bertemu dengan Gunny.. eh, Gunde. Ikuti dia memasuki gua berikutnya. Terus saja ke utara sampai kalian tiba di daerah yang cukup luas. Ambil jalan kiri atas, belok kanan dan lanjutkan sampai adaevent. Gunde akan meninggalkanmu.

= Agate Prison =

            Save kemudian keluar untuk event pendek. Jalan disini lurus-lurus saja jadi teruskan sambil memungutitem yang ada. Jika kalian memasuki pintu ke selatan, Lyon akan menghentikanmu. Lanjutkan ke barat dan di akhir jalan kalian akan melawan 4 Guards. Tidak terlalu sulit, manfaatkan Unite Attack milik Hero+Lyon atau Logg+Lun. Habisi dulu para pemanah karena mereka bisa menyerang karakter di belakang. Setelah menang, event lagi dan Cius serta Lelei akan bergabung untuk membawa kalian menemui Lucretia. Event lagi dan terima Lucretia untuk mengajaknya bergabung. Namun jangan tinggalkan Agate Prison terlebih dahulu. Kembali ke penjara bagian timur dan bicara dengan Killey di salah satu sel. Setelah itu, tinggalkan Agate Prison melalui pintu yang sebelumnya Lyon larang untuk dilewati. Event lagi dan kalian akan kembali ke Raftfleet. Bicara dengan Raja namun jangan lupa untuk save. Pilih pilihan 2 setelah kalian siap.

Map Battle #2 (Objective : Kalahkan semua musuh atau kurangi HP Fleet milik Bafran sampai setengahnya )
            Map battle laut pertama kalian! Dengarkan penjelasan Raja mengenai kelemahan dan kekuatan pasukan. Jangan hampiri musuh terlebih dahulu. Setelah beberapa saat, hanya tinggal tiga kapal termasuk milik Bafran. Habisi dua kapal musuh terlebih dahulu sebelum menyerang kapal Bafran. Hadiah untuk Victory+ adalah Lucky Ring.

            Raja dan Kisara akan bergabung setelah ini. Kalian bisa bicara dengan Murad di Raftfleet. Tinggalkan Raftfleet.

SoD yang bisa direkrut saat ini : ShinroJosephine.

= Rainwall =

            Tinggalkan Rainwall sesaat dan rekrut Josephine kalau mau sebelum kembali ke Barows Mansion. Kembali ke kamarmu untuk event kemudian pergilah ke Oboro Detective Agency. Akan ada event lagi dan setelah itu kalian bisa kembali ke Barows Mansion. Namun sebaiknya kalian ikuti penyelidikan Oboro. Mulailah dengan bicara dengan Norden di Inn Rainwall. Bicara dengannya 2x kemudian keluar untuk bertemu dengan Sagiri dan Shigure. Ikuti mereka terus dengan menerima ajakan Oboro dan pergilah ke Lordlake. Ikuti terus sampai event ini berakhir.

            Save game kalian sebelum kembali ke Barows Mansion. Kyle akan bergabung denganmu dan selesaievent ini, kembalilah ke kamarmu. Beristirahatlah lalu akan ada event lagi ditengah malam. Jika kalian menginginkan Bad Ending, terimalah tawaran Barows. Jika tidak, tolak tawarannya mentah-mentah. Keesokan harinya, turunlah ke bawah dan bicara dengan Salum serta Lucretia. Kembali ke kamarmu untuk event lagikemudian turunlah untuk bertemu dengan Wilhelm dan Mueller. Jika kalian sudah siap, pilih pilihan 1.



Map Battle #3 (Objective : Kalahkan musuh atau kurangi HP Jidan sampai ½ )
Saat mulai, sesuai perintah Lucretia, gerakkan pasukanmu ke arah hutan di selatan. Akan ada event lagi dan kalian kini bisa mengendalikan pasukan Godwin. Gabungkan kekuatan Godwin dengan kekuatan kelompok kalian untuk mengalahkan pasukan Armes. Hadiah untuk Victory+ adalah Guardian Boots.

            Event lagi setelah ini kemudian pergilah ke gudang yang dijaga Chuck. Terima tawarannya dan kalahkan dia melalui duel one-on-one. Setelah menang, turunlah ke bawah dan hampiri lemari yang ada untuk mendapatkan Dawn Rune serta bertemu dengan Mysterious Woman itu lagi. Kembalilah ke ruang utama untuk event lagi. Chuck akan bergabung denganmu. Bicara dengan Wilhelm dan Mueller untuk mengajak mereka bergabung namun mereka menolak. Pergilah ke Raftfleet.


= Raftfleet =

            Hero akan berganti pakaian setelah kalian menemui Raja. Kalian diizinkan memberi nama pasukan kalian (Orange Army… Kedengarannya familiar kan?). Tinggalkan Dahak dan masuki Oboro Detective Agency di dekatsave point untuk bertemu dengan Dolph lagi. Bicara dengan Oboro dan ajak dia bergabung. Shigure dan Fuyo juga akan ikut bergabung. Kalian bisa menemui Norma lagi (ingat? Di Stormfist) di Raftfleet Inn. Di kamar yang satu lagi, kalian bisa mengajak Norden untuk bergabung. Cobalah pergi ke pintu masuk Raftfleet untuk event lagi. Kalian bisa kembali ke beberapa tempat dengan menggunakan jasa Logg. Kalian bisa ke Lunas dengan melewati Lunas Northern Forest (kalian harus membawa Takamu) untuk bertemu dengan Zegai dan Urda.

SoD yang bisa direkrut saat ini : EgbertTakamuSairoh.

            Pergilah ke Lordlake dan bicara dengan Talgeyl untuk pilihan lagi. Pergilah ke Clinic untuk menemui Silva, akan ada event. Keluar dan kalian akan bertemu Toma, pilih pilihan 2 agar dia bergabung di kelompokmu. Kembali ke Raftfleet. Bicaralah dengan Raja kemudian tinggalkan Dahak untuk dihentikan Lucretia. Bicaralah lagi dengan Raja kemudian pergilah bicara dengan Logg. Berangkatlah ke Yashuna Village.

= Yashuna Village =

            Jika kalian memiliki uang cukup, kalian bisa memperbaharui equipment baru kalian disini. Periksa semua tempat untuk item dan temui Miroon di salah sumber air panas. Tinggalkan Yashuna Village dan pergilah ke arah tenggara, menuju ke Mountain Road. Lewati Mountain Road (jalannya lurus-lurus saja kok) dan lanjutkan sampai tiba di Beaver's Village di barat.

= Beaver Lodge =

            Carilah tangga yang berada ditengah perkampungan dan naik ke atas untuk bertemu dengan Fuwalafuwalu. Pilih pilihan ke-2 dan Maroon akan bergabung denganmu. Ambil item di dalam rumah ini kemudian keluar untukevent lagi. Kembalilah ke Yasuna Village lalu dari sana, lanjutkan ke arah barat daya untuk tiba di Ceras Lake Ruins.

= Ceras Lake Ruins =

            Kalian akan melihat seorang laki-laki disini. Bicara dengan dia (Zweig) dan dia akan bergabung denganmu. Persiapkan Hero sebelum memasuki gua karena begitu masuk kalian akan bertemu dengan Lorelai muda dan dia akan menantangmu duel one-on-one. Kalahkan dia dan ajak dia bergabung dalam party. Kalian akan melihat tiga jalan, kanan, kiri dan tengah. Namun jalan tengah belum bisa dilewati karena adanya air terjun yang menghalangi. Ambil jalan kiri terlebih dahulu. Lanjutkan ke utara dan injak switch di area ini kemudian lanjutkan ke barat untuk mengambil item. Kembali ke jalan awal (bukan jalan dengan tiga pintu) dan kali ini ambil jalan ke selatan. Ikuti jalan itu kemudian injak lagi dua switch yang ada. Kembali ke area awal.
            Kali ini ambil jalan kanan. Pergi dulu ke selatan untuk item serta switch yang harus diinjak. Kembali ke pertigaan awal dan lanjutkan terus ke kanan. Ada dua switch disini kemudian kembali ke pertigaan awal dan ke selatan lagi. Ada ruangan yang baru terbuja di sebelah timur. Injak switch di utara dan jangan lupa memungut itemyang ada. Kembali ke ruang utama dan kalian bisa melanjutkan ke utara. Event lagi dan kalian bisa savepermainan kalian sebelum melanjutkan ke area berikutnya. Boss time!

* Diamond Sun A + Diamond Sun B *
Untuk pertahanan, manfaatkan Formation dan Clay Guardian. Pusatkan serangan kalian terlebih dahulu ke salah satu Diamond Sun. Zweig agak tidak berguna disini karena dia tidak memiliki Rune dan serangannya payah. Jika kalian memiliki scroll, sebaiknya pasangkan beberapa ke Zweig agar dia bisa menyerang juga. Lorelai bisa menyerang dengan menggunakan Lightning Rune miliknya. Setelah 3 turn, jangan lupa menggunakan Clay Guardian lagi.

            Setelah memenangkan pertarungan ini, masuki ruangan terakhir untuk event. Tinggalkan dungeon ini dan tebak kalian bertemu siapa? Pilih pilihan 2 dan semua akan terteleport secara otomatis ke Raftfleet.

= Raftfleet =

            Viki secara otomatis akan bergabung dengan kalian. Save di tengah jalan lalu bicaralah dengan Raja di Dahak dan pilih pilihan 2. Jika kalian sudah siap, pilih lagi pilihan 2.

MapBattle# 4 (Objective : Kalahkan semua musuh)
Musuh memiliki 3 Combat, 2 Rams dan 2 Archer. Jadi pasangkan orang yang pantas untuk kapal kalian. Karena musuh tidak akan bergerak, kalian harus bergerak terlebih dahulu. Dengan hati-hati, serang musuh dengan kapal yang merupakan kelemahan mereka. Cepat atau lambat, mereka semua akan kalah. Hadiah untuk Victory+ adalah Thunder Helm.

            Setelah menang, temui Viki di dekat Chuck dan minta teleport ke Yashuna Village. Dari sini, lanjutkan ke Ceras Lake Ruins untuk event lagi. Masuki dungeon untuk bertemu Lorelai lagi dan pilih pilihan 2. Kembali ke ruangan paling ujung untuk event lagi. Turuni tangga yang ada selesai event.

= HQ =

            Akhirnya kalian mendapatkan HQ tetap! Akan ada event lagi dan kalian bisa memberikan nama untuk HQ kalian. Jangan terima usulan Lucretia… ^^! Keluar, belok kiri dan naiki tangga di pojok sebelah kiri. Masuki Seal Room di atap untuk event lagi, pilih pilihan 1 dan Zerase akan bergabung. Mulai saat ini, level 2 Dawn Rune bisa digunakan. Turunlah ke lantai bawah (1F) dimana kalian bisa bertemu Viki. Bicara dengan dia dan dia akan memberikan Blinking Mirror. Naik ke lantai atas (2F), ke selatan dan Toma akan bergabung bersama Maroon. Pergilah ke arah kiri untuk bertemu Logg dan minta dia membawamu ke Beaver Dam. Dari sana, pergilah ke Lordlake.

= Lordlake =

            Talgeyl, Goesch dan Silva akan bergabung denganmu. Cobalah untuk keluar untuk event lagi. Kalian bisa menjelajahi sisi tenggara Lordlake sekarang. Pungut Iron Hammer serta Wall Rune sebelum kembali ke Beaver Dam dan kembali ke HQ. Bicara dengan Muroon dan ajak bergabung dengan pilihan 2. Jika kalian sudah mentrigger event dengan Kyle di Agate Prison, dari dalam HQ keluar dari 2F dan akan ada event. Pilih pilihan 2 kemudian bawa Killey ke Seal Room. Kemudian pergilah ke Dwarf Camp dan berikan Iron Hammer ke Blacksmith. Tingkatkan senjata salah satu karakter menjadi level 10 kemudian ajak dia bergabung namun dia menolak.

SoD yang bisa direkrut saat  ini : WilhelmMuellerSubalaZundaMarinaBelcootAlhazredRichardZegai.

= Beaver Lodge =

            Tujuan kalian yang berikutnya, temui Fuwalafuwalu dan pilih pilihan 2 untuk mengajaknya bergabung. Bicara dengan beaver di sebelah kiri elder's house. Dia akan menyebut nama 'boss', tanyakan hal ini ke Fuwalafuwalu. Kalian bisa bertemu dengan Linfa di Estrise serta Murad di Lordlake.

SoD yang bisa direkrut saat ini : SorensenBastanGenou.

= HQ =

            Pergilah ke War Room di 3F untuk event lalu turun ke 2F dan masuki pintu di selatan untuk menemui Taylor. Pilih pilihan 2 dan Kyle akan bergabung denganmu. Bentuk party dengan menggunakan jasa Luserina. Setelah siap, kalian bisa bicara dengan Logg untuk berangkat ke Lelcar.
= Lelcar =

            Kota ini memiliki konsep mirip Two Rivers di Suikoden 2. Kalian akan bertemu dengan Wasil disini. Lanjutkan ke selatan untuk dua event dan kalian akan berakhir di kediaman Wasil. Selidiki dulu wilayah barat Lelcar untuk item dan pastikan kalian membelanjakan uang kalian di toko Armor milik Monsen. Kalian juga akan kembali bertemu Nikea di Inn. Setelah puas, pergilah ke sisi timur dan dekati air mancur yang ada untuk  event. Kembalilah ke sisi barat kota dan lanjutkan ke selatan untuk event dan pertarungan melawan 6 musuh. Simpanmagic kalian untuk battle yang lebih sulit. Ambil item yang ada sebelum menuruni tangga ke bawah. Event lagi dan kalian harus melawan Nikea dan beberapa musuh. Gunakan magic serta Unite Attack untuk menghabisi mereka secepatnya. Keluar dari tempat ini untuk event, pilih pilihan 2 dan jika sudah siap, pilih pilihan 2.

MapBattle#5 (Objektif : Musuh dipukul mundur dari Lelcar)
            Map battle disini bisa dibilang tergolong sulit karena kalian harus memikirkan 2 map battle sekaligus, darat dan laut. Jadi perhatikan dengan baik. Karena jarak dengan musuh di peta laut cukup jauh, segera atur pasukan kalian agar siap saat mereka menyerang. Manfaatkan Special setiap pasukan jika ada. Setelah mereka semua kalah, akan ada event lagi. Kalian akan mendapatkan Guardian Chain untuk Victory+.

            Kalian secara otomatis akan melawan 6 Godwin Soldier, jadi habisi mereka secepatnya dengan magic atauUnite Attack. Setelah event, Wasil bersama Volliga dan Orok akan bergabung sebagai SoD. Masuki Rune Shop lalu keluar lagi dan kalian akan melihat Monsen. Bicara dengan dia dan jika kalian sempat berbelanja di tokonya, pilih pilihan 1 lalu 2 untuk mengajaknya bergabung.

= HQ =

            Pergilah ke War Room di 3F untuk event lagi dan Sialeeds akan bergabung. Sebaiknya naikkan level dia (jika kalian jarang membawanya) dan pilih anggotamu dengan bicara ke Luserina. Tujuan kalian yang berikutnya adalah Sable. Namun kalian bisa bertemu lagi dengan Linfa di Yashuna Village. Untuk menuju ke Sable, dari Lordlake lanjutkan ke timur sampai kalian tiba Check point.

SoD yang bisa direkrut saat ini : MuradJeanneNikeaTaylorWilhelmMueller (jika belum direkrut).

= Checking Point =

            Tidak banyak menarik disini. Kalian harus melawan 4 Sable Guards. Setelah menang, Dinn dan Boz akan muncul dan bergabung dengan kalian. Lanjutkan melewati gerbang dan tiba di Sable.



= Sable =

            Event lagi kemudian sebelum meninggalkan rumah ini, periksa dulu untuk item. Kalian bisa menemukan Silver Hammer di kota ini. Persiapkan diri kalian dengan membeli item serta equipment serta up-grade­ senjata jika uang mencukupi. Periksa juga pasukan Ames yang tertidur di 2F Inn. Tinggalkan Sabel dan pergilah ke Ronro Mountain di timur laut.

SoD yang bisa direkrut saat ini : Dongo.

= Ronro Mountain =

            Kalian bisa melakukan save disini. Tujuan kalian adalah puncak pegunungan namun sebaiknya teliti semua daerah untuk item. Kalian bisa memanjat sulur tanaman yang ada. Salah satu item yang ada disini adalah Window Set. Setibanya di atas, kalian akan melihat save point jadi sebaiknya save dulu permainan kalian sebelum melanjutkan. Akan ada battle melawan 6 Bandits. Kalahkan semuanya dengan menggunakan magic atau Unite Attack. Lanjutkan dengan memasuki gua. Ambil item terlebih dulu di ruangan sebelah kanan dan utara sebelum memasuki ruangan kiri. Event lagi dan pilih pilihan 1 untuk duel one-on-one melawan Roy. Tidak terlalu sulit karena ucapan Roy cukup jelas. Jika kalian kalah, maka kalian akan mendapat Bad Ending. Setelah menang,event lagi kemudian pilih pilihan 2. Tinggalkan Ronro Mountain dan kembalilah ke Sable.


= Sable =

Setibanya di Sable, save permainan kalian kemudian masuki Solis' Mansion dan pergilah ke 2F untuk event lagi mengenai Euram. Kalian harus melawan kelompok Euram yang terdiri dari Euram dan 5 bodyguard. Gunakan Wind Rune Sialeeds, Unite Attack milik Lyon dan Hero serta Faylen dan Faylon. Setelah menang, event lagi dan pilih pilihan 2. Dinn akan bergabung. Pilih pilihan 1 untuk bergabungnya Roy bersama Faylen dan Faylon. Saatnya untuk kembali ke HQ.

= HQ =

            Laporkan keberhasilanmu ke Lucretia kemudian kembalilah ke kamarmu. Pilih pilihan 1 untuk event yang cukup panjang. Bicara dengan Luserina di 1F untuk membentuk partymu kemudian bicara dengan Viki, pilih pilihan 2 untuk diteleport ke… akhir Mountain Path.. Maklum, Viki setengah ngantuk. ^^! Lanjutkan ke Beaver Lodge dan lawan Assasins yang muncul. Maroon akan bergabung. Lanjutkan ke elder's house untuk melawan Dolph. Gunakan magic untuk menghabisi dia secepatnya. Selesai event, keluar untuk event lagi. Fuwalafuwalu dan Maroon akan bergabung. Kembali ke HQ dan pergilah ke War Room. Event lagi dan kalian akan berada di HQ. Pergilah ke War Room setelah kalian puas merekrut SoD, pilih pilihan 1 kemudian Georg akan bergabung dengan kalian. Tingkatkan Magic Defense miliknya kemudian pergilah ke Estrise. Lanjutkan ke Pier untuk event lagi dan pilih pilihan 1 begitu kalian siap.

SoD yang bisa direkrut saat ini : Nakura (harus sekarang atau kalian akan kehilangan dia), SagiriIsabelMathias,Murad (jika kalian belum merekrutnya di Lelcar), Linfa.

= Nirva Island =

            Setelah event mengenaskan Lyon dan Hero, kalian akan tiba di Nirva Island. Lihat event lagi dan jelajahi kota kecil ini untuk mendengar mengenai Lino en Kuldes (Suikoden IV). Bicara juga dengan Chisato di pertunjukan boneka dan coba ajak dia bergabung walaupun dia menolak. Ambil item yang tersebar di kota ini sebelum menghampiri Skald dan Bernadette di Lighthouse. Event lagi dan pilih pilihan 2, Bernadette akan bergabung denganmu. Masuki Lighthouse dan lanjutkan ke atas (sambil memungut item yang ada). Akan ada event lagi, pilih pilihan 1 dan keluar dari Lighthouse. Lanjutkan ke kiri dan ambil item yang ada lalu naiki tangga yang ada sampai ke atas. Habisi para bajak laut yang ada (BGM Battle Suikoden IV) kemudian tinggalkan Lighthouse untuk eventlagi. Pilih pilihan 1 untuk bergabungnya Bernadette. Bicaralah dengan orang di dekat kapalmu dan pilih pilihan 2 untuk kembali ke Estrise. Kembalilah ke HQ.

Komentar